Laman

Selasa, 04 Oktober 2011

Terapi Akupuntur untuk Depresi

Depresi adalah penyakit suasana hati. Penyakit depresi lebih dari sekadar kesedihan atau duka cita. Depresi adalah kesedihan atau duka cita yang lebih hebat dan bertahan terlalu lama.

Ada berbagai penyebab depresi:

1. Peristiwa dalam kehidupan sehari-hari. Depresi yang disebabkan gangguan psikologi, seperti tekanan dari dalam diri sendiri menyangkut diri kita, misalnya tekanan saat menghadapi situasi yang tidak kita inginkan. Depresi karena gangguan sosial, seperti ditinggal istri atau suami, ditinggal pacar atau dijauhi teman.

2. Perubahan kimia dalam otak. Depresi disebabkan masalah biologis seperti gangguan hormonal dan perubahan sistem neurokimia di otak.

3. Efek samping obat

Kurang lebih 5-10% masyarakat umum mengalami depresi. Perempuan dua kali lebih mungkin mengalami depresi dibandingkan laki-laki. Hasil penelitian WHO di 14 negara menunjukkan wanita 2 kali lebih mudah terserang depresi. Untuk mencegahnya, tentu kita perlu mengetahui penyebab utama depresi

Menjadi depresi bukan tanda berjiwa lemah. Depresi tidak berarti kita gila. Kita tidak akan sekadar mengatasi depresi, menanganinya membutuhkan bantuan. Jangan menganggap kita pantas menjadi depresi karena kita menghadapi masalah dan jangan menganggap kita harus depresi karena kita mendapatkan tekanan hidup.

Gejala depresi berbeda-beda tergantung pada yang bersangkutan. Kebanyakan dokter mencurigai depresi bila pasien melaporkan bahwa dia merasa sedih atau kehilangan gairah untuk kegiatan sehari-hari. Kemungkinan kita depresi bila perasaan ini tetap berlanjut selama dua minggu atau lebih, dan kita juga mempunyai beberapa di antara gejala berikut:

1. Kelelahan atau merasa lamban dan lesu

2. Kesulitan konsentrasi

3. Gairah seks berkurang

4. Masalah tidur: bangun lebih pagi, atau tidur berlebihan

5. Merasa bersalah, tidak berharga, atau putus asa

6. Nafsu makan berkurang atau kehilangan berat badan

7. Makan berlebihan

Depresi dapat ditangani dengan perubahan pola hidup, terapi tradisional, dan/atau dengan pengobatan. Dokter dapat membantu memilih terapi atau kombinasi terapi yang paling cocok untuk kita. Jangan coba mengobati diri sendiri dengan alkohol atau narkoba karena zat ini dapat meningkatkan gejala depresi dan menimbulkan masalah lain.

Perubahan pola hidup dapat memperbaiki depresi pada sebagian orang. Perubahan ini termasuk:

1. Olahraga teratur

2. Berjemur pada sinar matahari

3. Penanganan stres

4. Konseling

5. Tidur teratur

6. Relaksasi

7. Meditasi

8. Terapi tradisional

Depresi adalah masalah yang mempengaruhi seluruh tubuh, dengan mengganggu kesehatan fisik, pikiran, rasa dan perilaku. Semakin cepat kita periksa, semakin cepat kita dapat merencanakan strategi yang sesuai untuk menghadapi masalah ini, yang sebetulnya adalah gangguan yang sangat nyata terhadap kesehatan.

Beberapa orang memperoleh hasil yang baik dari pijat, akupunktur dan olahraga. Bila ada kekurangan vitamin B6 atau B12, suplemen vitamin ini dapat membantu.

Accurate Heatlh Center Medan merupakan penggabungan antara pengobatan psikis dan fisik. Pengobatan psikis dapat berupa konsultasi psikologi atau konseling, hipnoterapi maupun psikoterapi bagi penderita depresi. Sedangkan pengobatan fisik lebih cenderung kepada pengobatan tradisional dengan menggunakan terapi akupunktur, terapi pijat maupun ramuan tradisional Cina.

Accurate Heatlh Center akan membantu anda dengan menemukan beberapa solusi dan terapi yang tepat bagi penderita depresi secara aman dan tanpa efek samping.

Hubungi Accurate Health Center Medan untuk mendapatkan penangananya.

"Accurate"
Health Center
Medan
Jl. Tilak No. 76 (Simpang Demak)
Telp. (061) 7322480
Medan

Website : Http://www.accuratehealth.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar