Laman

Senin, 27 Juni 2011

Berbagai Manfaat Akupuntur

Akupuntur atau tusuk jarum mulai menjadi tren alternatif pengobatan bagi masyarakat, meskipun dalam lingkup yang masih terbatas, karena mungkin masih belum kenal atau takut untuk mencobanya, dan tidak yakin akan khasiatnya.
Tulisan ini lagi-lagi bukan karya orsi saya, cuma rangkuman berbagai sumber, karena saya bukan dokter dan tidak paham ilmu pengobatan.

Sejarah dan Pemahaman Akupuntur

Menurut Hembing, usia pengobatan akupunktur itu sendiri sudah ribuan tahun. Dalam buku An Outline of Chinese Acupuncture disebutkan, tusuk jarum sudah ada sejak zaman batu. Metode tertua akupunktur disebut bian, yang diartikan sebagai penggunaan batu untuk menyembuhkan penyakit. Secara etimologis, akupuntur berarti tusuk jarum. Prinsip pengobatannya merangsang titik-titik tertentu di tubuh manusia.

Karena itu, akupunktur bisa muncul dalam berbagai versi. Kalau titik-titik akupunktur itu dipijit, dinamakan acu-pressure. Jika dengan pembakaran atau moksa bernama moksibasi. Bila memakai suntikan air, disebut aquapuncture. Berbagai metode ini muncul sejalan dengan berkembangnya teknologi serta pengalaman.

Setelah memakai batu, orang Cina menciptakan jarum halus dari bambu atau tulang. Setelah itu, dibuat jarum dari emas dan perak. Sekarang jarumnya terbuat dari baja antikarat (stainless steel) tipis. Menurut Hembing, kerja terapi ini melalui beberapa tahap. Untuk tahap awal, biasanya dilakukan pembuangan racun dalam tubuh.

Pada saraf-saraf yang berhubungan dengan pencernaan ditusukkan jarum tipis yang dialiri listrik bervoltase rendah. ''Getaran itu untuk merangsang saraf yang pasif agar kembali aktif,'' kata Hembing. Jarum yang digunakan bervariasi. Untuk daerah-daerah muka, digunakan jarum ukuran 0,25 mm. Sedangkan di daerah punggung dan kaki digunakan jarum yang lebih besar. Lama penusukan 15 menit.

Akupunktur bertolak dari keyakinan bahwa organ-organ tubuh membentuk satu kesatuan dan saling mempengaruhi, sehingga perlu dijaga keseimbangannya. Hubungan antarorgan ini membangun sebuah sistem seperti jaringan. Sistem penghubung inilah yang disebut ''alur meridien''. Saluran ini mengantarkan darah dan energi vital, yang dalam istilah Cina disebut chi atau qi, ke seluruh tubuh.

Alur meridien ini banyak jumlahnya. Tapi, yang utama adalah 14 jalur dengan 361 titik akupunktur yang disebut saluran reguler. Ada juga delapan jalur meridien lain yang disebut saluran ekstra. Dalam kedua saluran inilah banyak terdapat titik yang berhubungan dengan organ-organ penting manusia. Pada dasarnya, kata Hembing, penyakit muncul karena kurang lancarnya sirkulasi darah dan oksigen, serta terhambatnya titik-titik saraf itu. ''Jika arus chi terhambat atau tidak seimbang, akan menyebabkan sakit,'' katanya.

Beberapa Manfaat Utama Akupuntur

Meskipun masih menjadi perdebatan tentang guna dan manfaat akupuntur, tetapi bagi yang ingin mencoba pengobatan ini, berikut adalah manfaat yang bisa didapat :

1. Mengurangi Nyeri

Akupuntur bisa mengurangi nyeri akibat sakit kepala kronis.
Sebuah penelitian yang dilakukan para ilmuwan dari Universitas Duke yang dikepalai Dr. Tong Joo Gan melibatkan nyaris 4.000 pasien dengan gangguan migrain, tegang di kepala dan beragam bentuk gangguan sakit kepala lain membuktikan bahwa penggunaan akupuntur untuk mengurangi nyeri kepala kronis 62 persen lebih efektif dibanding dengan obat yang hanya mampu mengurangi nyeri kepala hingga 45 persen.
Dalam tulisan di Jurnal Anestesia dan Analgesia, tim peneliti menyebutkan 53 persen pasien yang menggunakan akupuntur merasa terbantu atau dikurangi rasa nyerinya dibanding mereka yang tidak menggunakan jarum, sekitar 45 persen.

Selain itu akupuntur juga mampu mengurangi nyeri yang biasa terjadi usai operasi di kepala, kanker leher, nyeri saat haid, nyeri hamil, rasa sakit pada gejala menopause, juga mengurangi efek kemoterapi seperti mual.

2. Meningkatkan Kesuburan

Tujuan dari akupuntur kesuburan yg pertama adalah meningkatkan vitalitalitas seksual baik pada pria maupun wanita, yg kedua adalah menyeimbangkan hormon2 dalam tubuh, dan juga untuk meningkatkan sirkulasi darah di daerah rahim dan sekitarnya, juga meningkatkan produksi sel telur atau sperma serta kualitasnya juga.

Pada pengobatan masalah kesuburan, akupunktur bisa meningkatkan aliran darah ke uterus, membuat mulut rahim rileks, dan menghambat hormon stres yang bisa mengganggu proses embrio menjadi janin.

Berdasarkan polling dari 1.366 perempuan di AS, Jerman, Australia, dan Denmark, akupunktur ternyata membantu mencampurkan sperma dan sel telur menjadi embrio dalam rahim.

Pada penelitian ini, sebagian wanita mendapatkan terapi in vitro fertilization (IVF), sebagian lagi perpaduan antara IVF dan akupunktur sehari sebelum transfer embrio.

Ketika hasil penelitian kecil ini disatukan, para peneliti menemukan bahwa hambatan terhadap kehamilan 65 persen menghilang pada wanita yang menjalani akupunktur. Namun, para ahli mengingatkan, hasil penelitian itu tidak sepenuhnya bisa dijadikan kesimpulan bahwa akupunktur memang benar-benar bisa membantu kesuburan. Teknik IVF membantu kehamilan sekitar 35 persen, ditambah akupunktur peluang kehamilan menjadi 45 persen.

3. Menghaluskan Kulit

Bagian dari manfaat akupuntur adalah untuk kecantikan yang biasa diistilahkan akupuntur estetik medik.

Secara medik penusukan titik akupunktur akan merangsang sistem persarafan sehingga menimbulkan reaksi setempat (peredaran darah meningkat, produksi kolagen bertambah dll), reaksi melalui jalur saraf tepi maupun saraf pusat dan reaksi pelepasan zat2 neurohumoral.

Pengobatan/perawatan yang bisa dilakukan Akupunktur estetik medik :
1. Mengencangkan ( Firms sagging skin)
2. Garis-garis halus atau keriput di wajah( Minimizes or erases fine lines and wrinkles, softens the lines)
3. Kantong mata dan lingkaran hitam di bawah mata (Reduce bags or dark cirkles under the eyes )
4. Jerawat,dll (Improves complexion, e.g. acne )
5. Mencerahkan wajah (Gives a healthy glow that you don´t get with Botox )
6. Reduce doublechin
7. Mengecilkan pori-pori (Tightens the pores )
8. Mata cemerlang (Brightens the eyes )
9. Mengangkat kelopak mata (Lifts drooping eyelids )
10. Meningkatkan aliran darah ke kulit (Increases bloodflow to the skin )
11. Increases collagen and keratin production
12. Kebotakan/rambut rontok ( Encourages head hair growth )
13. Menghaluskan kulit ( Softens the skin )


4. Melangsingkan Tubuh

Dalam uraiannya yang berjudul The Mechanism of Weight Loosing by Acupuncture, Dr. Alex Tatevian, Doctor of Acupuncture dari Rhode Island, Amerika Serikat menyebutkan bahwa persoalan menurunkan berat badan tidaklah semata membakar lemak, melainkan juga mengatur pola makan.

Karena itu, Alex menyatakan bahwa target akupuntur untuk urusan langsing ini adalah bagian otak yang disebut thalamus (bagian terbesar dari batang otak paling atas yang membentuk dinding samping ventrikel ketiga) dan hypothalamus (bagian dasar batang otak paling atas, berada di bawah thalamus).

Keduanya adalah bagian otak yang mengatur sistem lapar dan haus, detak jantung, jam tidur dan bekerja, hasrat seksual, pencernaan, dan kontrol keseimbangan cairan tubuh.

Dengan menusukan jarum di meridian yang tersambung dengan thalamus, keinginan untuk makan bisa dikendalikan. Meridian adalah jalur atau tempat mengalirnya chi atau Qi dalam tubuh.

Praktisi akupuntur kecantikan, Salomo Simanjuntak, menambahkan,” Tusukan pada titik ini menyebabkan orang yang biasanya makan dua piring akan makan hanya sepiring. Kalau lebih dari itu akan mual,” jelas ketua Yayasan Pendidikan Akupuntur Yapeptri.

Pentingnya thalamus terhadap pola kebiasaan tubuh dapat diketahui lewat penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ralph W. Richter, MD, neurolog dan psikiater dari Tulsa, Oklahoma yang melakukan penelitian terhadap sekitar 200 tikus.

Dr. Richter mencoba merusak sedikit bagian thalamus di otak tikus-tikus ini. Setelah itu, diketahui adanya perubahan perilaku yang luar biasa. Tikus-tikus ini mulai makan setiap 40 sampai 60 menit dan minum setiap beberapa menit. Mereka juga tidak lagi tidur seperti sebelumnya, selama 12 jam, tetapi berkeliling terus menerus dan tidak pernah tidur.

Penelitian ini menunjukkan bahwa thalamus dan hypothalamus adalah organ penting yang mengatur irama kehidupan. Peran hypothalamus dan thalamus menjadi sangat penting karena system limbic yang ditempatinya sangat berpengaruh dalam mengatur beragam insting, pengendalian emosi, struktur psikologis, dan kehidupan sosial.

Stress bisa membuat system ini tidak seimbang. Akibatnya elektrokimia yang menghubungkan beragam unsur di bagian system ini akan kacau. Insting-insting yang terdapat dalam system ini dengan sendirinya akan terganggu polanya.

Padahal bila insting seksual dan agresivitas tidak dipuaskan setiap saat, insting lapar akan terpicu untuk aktif. Pemenuhan insting (lapar) ini mampu menekan tingkat stress dan agresivitas seseorang, sehingga kembali menjadi tenang.

Supaya pekerjaan melangsingkan tubuh lebih efektif lagi, Salomo melanjutkan, penusukan dilakukan pada bagian tubuh yang berlemak. Misalnya di bagian perut, paha, lengan. “Namun biasanya diambil titik-titik meridian yang terkait dengan organ-organ yang punya hubungan dengan persoalan berat badan dan thalamus,” jelas Salomo.

Menurut Dr. Agustin Idayanti, MS, organ yang terkait dengan sindrom obesitas adalah organ limpa, lambung, hati dan ginjal. Adanya kekurangan energi pada organ limpa dan lambung menimbulkan riak, suasana lembab dan panas. Keadaan ini memperlemah transformasi dari makanan menjadi Qi (energi) serta melemahkan transportasi Qi ke seluruh tubuh, mempengaruhi transformasi cairan tubuh yang bisa mengakibatkan makanan dan cairan tubuh dalam lambung bertambah panas. Inilah yang menyebabkan nafsu makan bertambah.

Selanjutnya, berhentinya Qi pada organ hati dan berlebihnya energi panas di organ ini menyebabkan terjadinya depresi, mudah marah dan tersinggung. Kekurangan Qi pada organ ginjal menyebabkan seseorang menjadi tidak bergairah, sering lemah, disertai dengan keadaan naik turunnya berat badan secara tidak teratur.

“Sebab itu, akupuntur berfungsi memberi efek mengurangi panas, lembab dalam lambung dan menguatkan organ tersebut. Juga menguatkan organ limpa, ginjal, hati dan mengurangi kelebihan energi di organ-organ tersebut serta mengatur emosi dan nafsu makan. Hasil akhirnya berat badan turun,” jelas akupunturis dari Laboratorium Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Akupuntur Puslitbang Yantekkes Depkes RI, Surabaya.

Salomo menambahkan, kadang-kadang penderita perlu dikuatkan organ paru dan jantungnya supaya tenang dan emosi terkendali. Tusukan tambahan biasanya dilakukan pada meridian yang terkait dengan organ pencernaan semisal usus besar.

Jika anda ingin mendapatkan terapi akupunktur yang berlokasi di kota Medan, maka anda dapat mengunjungi Klinik "Accurate" Health Center. "Accurate" Health Center bergerak di bidang pengobatan tradisional Cina, terutama pengobatan akupunktur. Pengobatan lainnya juga tersedia disini, yaitu pengobatan refleksi kaki, akupresur, pijat pengobatan, pengobatan bekam, dsb. Konsultasi Psikologi bagi yang memiliki kesehatan jiwa yang kurang baik juga dapat diadakan di "Accurate" Health Center Medan.

Pengobatan alami dan tanpa efek samping.
Hubungi Accurate Health Center Medan.

"Accurate" Health Center Medan
Jl. Tilak No. 76 (Simpang Demak)
Telp. (061) 7322480
Medan

Website : Http://www.accuratehealth.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar