Laman

Rabu, 02 Maret 2011

(Penelitian) Pengaruh Akupunktur Terhadap Penderita Rinitis Alergika di Poliklinik Akupunktur RSCM Jakarta

Pengaruh Akupunktur Terhadap Penderita Rinitis Alergika di Poliklinik Akupunktur RSCM Jakarta ; Program Pasca Sarjana UNS

Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa akupunktur mempunyai pengaruh terhadap Rinitis Alergika

Metode Penelitian
Jenis penelitian : Randomised Controlled Trial Jumlah sampel penelitian sebanyak 32 orang penderita Rinitis Alergika yang telah didiagnosa oleh Dokter Spesialis THT RSCM dan dinyatakan telah gagal dengan terapi konvensional, dibagi menjadi 2 kelompok.
Kelompok I sebanyak 16 orang mendapat tindakan akupunktur 2 kali seminggu sampai 12 kali tindakan, sedangkan kelompok II, sebanyak 16 orang mendapat plasebopunktur.

Sebelum tindakan akupunktur dilakukan penilaian terhadap skor gejala klinis meliputi bersin-bersin, rinore dan hidung tersumbat. Dilakukan penilaian kembali setelah tindakan akupunktur yang ke 6 dan 12 kali.

Hasil penelitian
- Akupunktur mempunyai pengaruh terhadap skor gejala klinis pada Rinitis Alergika
- Angka keberhasilan akupunktur terhadap Rinitis Alergika sebesar 62,5 %
- Angka keberhasilan akupunktur terhadap pengurangan gejala bersin-bersin (75%), rinore (67,5%) dan hidung tersumbat (67,5%).

Menurut penelitan ilmiah terhadap pengobatan akupunktur menyatakan bahwa akupunktur dapat mengobati penyakit yang berhubungan dengan hidung, seperti sinusitis, alergi hidung, flu, bersin-bersin, hidung tersumbat maupun polip. Accurate Health Center Medan yang bergerak dalam bidang akupunktur di Kota Medan menawarkan pengobatan akupunktur. Pengobatan tersebut juga akan dikombinasikan dengan pengobatan pijat, terapi bekam, refleksi kaki maupun fisioterapi untuk membantu proses penyembuhan penyakit. Alami dan tanpa efek samping. Ramuan tradisional Cina maupun Indonesia juga akan kami tawarkan sebagai bahan tambahan terapi.

Hubungi "Accurate" Health Center untuk perawatan akupunktur.

"Accurate" Health Center Medan
Jl. Tilak No. 76 (Simpang Demak)
Telp. (061) 7322480
Medan

Website : Http://www.accuratehealth.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar