Laman

Selasa, 19 Juni 2012

Terapi Akupuntur untuk Pasien Kanker

Tusuk jarum alias akupunktur yang dilakukan sebelum dan ketika operasi dapat mengurangi rasa sakit pascaoperasisama halnya dengan obat-obatan antirasa sakit.

Demikian dilaporkan para peneliti, pekan ini. Para peneliti yang berasal dari Duke University Medical Center di Carolina Utara menganalisa efektivitas akupunktur di 15 klinik percobaan. Mereka menyimpulkan bahwa teknik pengobatan asal daratan China tersebut berguna dalam mengendalikan rasa sakit pada pasien yangdioperasi.
15 percobaan menunjukkan bahwa pasien yang mendapat tusuk jarum sebelum atau selama proses operasi tertentu secara signifikan berkurang rasa sakitnya dibandingkan pasien yang tidak mendapat terapi tusuk jarum. Setelah menjalani operasi, para pasien tersebut juga hanya membutuhkan sedikit morfin atau jenisobat-obatan antirasa sakit lainnya.

Karena itu, rasa efek samping seperti rasa mual dan muntah yang biasa ditimbulkan obat-obatan tersebut bisa berkurang. Pada pasien yang diterapi akupunktur, angka kejadian mual 1,5 kali lebih rendah. Begitu pula rasa pusing 1,6 kalilebih rendah dibandingkan mereka yang tidak diakupunktur.

Temuan ini tentu menambah nilai lebih akupunktur, di samping temuan lain yang menyebutkan efek akupunktur dalam mengurangi mual setelah kemoterapi padapasien kanker.


"Apresiasi terhadap akupunktur masih rendah," ujar Wakil Kepala Departemen Anestesi dari Universitas Duke, Dr Tong Joo Gan.


Dia menambahkan, para dokter di negara-negara Barat umumnya belum terlatih soal akupunktur dan mereka juga belum paham penggunaan dan cara kerjanya.


Dia mengharapkan, para praktisi seperti dokter bedah dan ahli anestesi untuk bersikap terbuka dan mau mempelajari teknik terapi ini. Sejumlah studi telah menunjukkan peran akupunktur dalam mengurangi rasa sakit pascaoperasi, hanya pada beberapa orang mungkin daya kerjanya tidak begitu optimal. Gan dan timnya juga mencoba mengidentifikasi seberapa besar manfaat akupunktur.


"Saya sudah mencobanya. Berikan terapi akupunktur pada pasien, 30-60 menit sebelumoperasi dan dilanjutkan selama operasi. Hasilnya, dapat mengurangi rasa sakitpasca-operasi," katanya. Hasil yang didapat mungkin bisa beragam. Dalam studitersebut, Gan menekankan pada prosedur pembedahan perut,ortopedi,danginekologi

 

Accurate Health Center merupakan pusat pengobatan akupunktur dan konsultasi psikologi di kota Medan dapat membantu anda melakukan konseling psikologi dan pengobatan akupunktur untuk menyembuhkan penyakit. Pengobatan Accurate Health Center tergolong lengkap dari segi pengobatan tradisional, seperti terapi akupunktur, terapi pijat pengobatan, totok badan maupun wajah, terapi bekam, fisioterapi, refleksi terapi dan ramuan-ramuan obat tradisional yang cukup efektif. Alamiah dan tanpa efek samping.

Hipnoterapi untuk penyakit juga tersedia bagi pasien yang membutuhkan.
Hubungi Accurate Health Center Medan untuk penanganannya.
"Accurate" Health Center Medan
Jl. Tilak No. 76 (Simpang Demak)
Telp. (061) 7322480
Medan

Website : http://www.accuratehealth.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar