Laman

Jumat, 09 Maret 2012

Akupuntur Bantu Keberhasilan Bayi Tabung

Metode akupuntur ternyata bukan hanya baik untuk penyembuhan penyakit, namun juga dapat membantu keberhasilan pasangan dalam menjalani program bayi tabung melalui teknik in-vitro fertilisation (IVF).

Menurut sebuah tinjauan yang dipublikasikan British Medical Journal (BMJ) edisi online, Jumat (8/2), terapi akupuntur dapat memberi kontribusi siginifikan bagi tingkat keberhasilan program bayi tabung. Tinjauan tersebut merupakan hasil analisis tujuh penelitian yang dilakukan para ahli dari Maryland School of Medicine di Amerika Serikat dan VU University Amsterdam Belanda.

Sebanyak 1.366 wanita yang menjalani program IVF dilibatkan dalam riset ini. Mereka terbagi dalam tiga kelompok, yakni grup yang diberi terapi akupuntur asli, yang diberi terapi akupuntur palsu, serta kelompok yang tak diberi terapi apapun.

Secara keseluruhan, peluang terjadinya kehamilan tercatat meningkat hingga 65 persen di antara kelompok yang mendapat terapi akupuntur satu hari sebelum transfer embrio. Namun peneliti menekankan, angka ini terlalu berlebihan mengingat data percobaan tidak merata. Peneliti juga mencatat bahwa pada percobaan di mana secara umum menunjukkan tingkat keberhasilan tinggi, akupuntur sebenarnya hanya memberi manfaat yang relatif kecil sekitar 24 persen.

Pada empat percobaan di mana hasil dari IVF sudah dapat diketahui, akupuntur mampu menambah probabilitas atau kemungkinan kelahiran hidup hingga 91 persen. Walau pun bukti ini masih bersifat pendahuluan, peneliti mengatakan bahwa akupuntur dapat memperbaiki rata-rata kehamilan dan kelahiran hidup di antara wanita yang menjalani IVF.

Riset sebelumnya menunjukkan akupuntur secara umum tidak berpengaruh terhadap rata-rata kehamilan atau pun peningkatan peluang kesuksesannya. Pengecualiannya adalah sebuah riset tahun lalu yang mengungkaokan bahwa wanita dengan IVF yang mendapat terapi akupuntur kecil kecenderungannya untuk hamil ketimbang mereka yang tidak menjalani terapi jarum akupuntur.

Metode akupuntur atau tusuk jarum telah digunakan di China selama berabad-abad sebagai metode pendukung program reproduksi. Penggunanannya kini berkembang di antara pasangan yang memilih program IVF untuk memiliki bayi. Sejumlah teori menjelaskan mengapa akupuntur bisa efektif dengan program IVF. Salah satunya adalah akupuntur dapat merangsang aliran darah ke uterus sehingga terjadi pelapisan pada rahim dan membuat embrio menjadi lebih mudah menempel.

Telah banyak pasien kami yang melakukan terapi akupunktur sebelum menjalani program bayi tabung dan ternyata berhasil. Akupunktur telah banyak digunakan oleh bangsa Cina pada ribuan tahun yang lalu dan sangat efektif untuk menigkatkan kesuburan pria maupun wanita. "Accurate" Health Center merupakan pusat pengobatan akupunktur yang berada di Kota Medan dapat membantu anda menjalani terapi akupunktur sebagai proses pengobatan tambahan sebelum anda menjalani program bayi tabung anda. Pengobatan akupunktur merupakan pengobatan alami dan tanpa efek samping.

Hubungi Accurate Health Center Medan.

"Accurate" Health Center Medan
Jl. Tilak No. 76 (Simpang Demak)
Telp. (061) 7322480
Medan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar